-->

Tutorial Belajar HTML| 2. Struktur HTML.


Oke setelah kemarin saya memposting pengenalan HTML, kali ini saya ingin membagikan pengetahuan saya mengenai dasar html. Hal yang paling mendasar yang perlu kalian ketahui adalah struktur HTML, karena dalam pembuatan HTML ada standar struktur yang harus diikuti seperti gambar dibawah ini :




(gambar : Struktur HTML)


Nah seluruh programmer membuat html dengan susunan seperti gambar diatas agar jika ada kesalahan atau perbaikan itu lebih mudah. Seluruh HTML biasanya diawali dengan <!DOCTYPE html> , ini bertujuan untuk memberitahu web browser bahwa yang akan browser dibaca itu merupakan HTML. Elemen utama html adalah elemen html, head, dan body. Elemen html itu memberi tahu bahwa dari tag awal html <html> sampai tag akhir </html> merupakan program atau bahasa HTML, elemen head diatas hanya digunakan sebagai menampilkan judul pada web, sedangkan elemen body menampilkan isi halaman seperti judul haman dan isi paragraf.

Nah sekarang sudah pahamkan mengenai struktur HTML, untuk selanjutnya saya akan mempraktekan pembuatan HTML. Sebelum kita memulainya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya server yang berdiri sendiri atau localhost dan teks editor, disini saya menggunakan xamp dan notepad ++.

Kalian bisa download aplikasi notepad++ di : https://notepad-plus-plus.org/.
Dan aplikasi xampp di : https://www.apachefriends.org.

Setelah didownload selanjutnya install kedua aplikasi tersebut, untuk cara installnya tinggal next” saja kok, installnya default saja ya jangan ada yang diubah. Jika kedua aplikasi tersebut sudah terinstall yang pertama adalah menjalankan aplikasi Apache dan MySQL yang ada dalam aplikasi xamp dengan cara :


  • Buka aplikasi xampp.
  • Kemudian klik tombol start pada Apache dan MySQL.




Nah dengan begitu localhost sudah berjalan, langkah selanjutnya adalah membuat HTMLnya :

  • Buat folder baru dalam htdocs misalnya folder tersebut diberinama Latihan seperti : C:\xampp\htdocs\Latihan.
  • Buka notepad++nya.
  • Buka menu language, pilih sub menu HTML.

  • Masukan kode HTMLnya (masukan kodenya seperti gambar Struktur HTML).
  • Simpan HTMLnya dengan nama filenya “index.html” di folder Latihan yang sudah kita buat tadi.
·         Mengapa nama file htmlnya harus index? Ini bertujuan ketika kita membuka alamat website halaman index secara otamatis muncul, semua itu terjadi karena secara default browser akan membuka html yang diberinama “index”.

Sekarang kita coba buka atau jalankan HTML yang sudah kita buat.

  • Buka web browser disini saya menggunakan google Chrome.
  • Ketikan pada url : localhost/Latihan.
  • Kemudian akanmuncul hasilnya seperti gambar berikut. :



Oke segitu saja yang bisa saya sharing kali ini, semoga bermanfaat, apa bila ada kekurangan mohon maaf, dan apabila ada masukan silahkan komentar.
Saya disini hanya men-sharing ilmu yang saya punya, karena sharing is caring bro.






anda juga dapat melihat video pembahasannya di :






Click to comment