-->

Tutorial Belajar HTML| 1. Pengenalan HTML, Apa Itu HTML?


Oke kali ini saya akan memberikan sedikit menjelasan mengenai HTML yang saya tahu, HTML itu apa?
HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language, HTML adalah standar bahasa markup untuk membuat halaman Web dan Web Application yang biasanya memiliki format “.html”. Atau dengan kata lain HTML adalah bahasa yang paling dasar untuk membuat sebuah web atau aplikasi web.

Nah dalam HTML ada yang namanya element, element diibaratkan sebagai bangunan halaman HTML, biasanya diwakili dengan tag “<tagname>”. Berikut adalah contoh beberapa elemen dalam HTML :

1.       Deklarasi <! DOCTYPE html> mendefinisikan dokumen ini sebagai HTML5
2.       Elemen <html> adalah elemen root dari halaman HTML
3.       Elemen <head> berisi informasi meta tentang dokumen
4.       Elemen <title> menentukan judul untuk dokumen
5.       Elemen <body> berisi konten halaman yang terlihat
6.       Elemen <h1> mendefinisikan heading besar
7.       Elemen <p> mendefinisikan paragraph

Nah dalam penulisan elemen HTML nama elemen dikelilingi oleh kurung sudut seperti contoh berikut :
<tagname> isi elemen </tagname>

Dalam web browser atau aplikasi pembuka web seperti GoogleCrome, IE, Firefox, Safari element tidak ditampilkan yang ditampilkan hanya isi element.

Dalam membuat web atau web aplikasi yang berformat “.html” kita membutuhkan suatu aplikasi editor HTML, berikut adalah editor HTML yang saya ketahui :

  1. Notepad
  2. Notepad++
  3. Sublimetext
  4. Geedit

Namun saya biasa menggunakan Notepad++ dikarenakan aplikasi editor tersebut ringan, gratis atau open source dan memiliki banyak bahasa bukan hanya bahasa html saja tapi ada juga bahas pendukung untuk membuat web lainnya seperti java, css, dll., kalian bisa download aplikasi tersebut di https://notepad-plus-plus.org/.

Oke segitu saja yang bisa saya sharing kali ini, semoga bermanfaat, apa bila ada kekurangan mohon maaf, dan apabila ada masukan silahkan komentar.
Saya disini hanya men-sharing ilmu yang saya punya, karena sharing is caring bro.

atau anda dapat melihat pembahasannya melaui video berikut :






Click to comment